Download - Contoh Raport (Laporan Pendidikan) Tk-Kb-Tpa-Paud Lengkap - Excel
PENDIDIKAN KITA : Berikut ini admin sampaikan beberapa contoh Laporan Pendidikan (RAPORT) untuk Pendidikan anak Usia Dini (PAUD, TK, KB, TPA, RB), elemen-elemen unsure penilaian pada Laporan Pendidikan (RAPORT) memuat tentang perkembangan-perkembangan anak usia dini pada akhir semester berjalan.
![]() |
RAPORT : Taman Kanak-kanak-KB-TPA-PAUD |
Pengukuran atau penilaian disini meliputi beberapa perkembangan mencar ilmu bagi Anak Usia Dini dalam tamat semester, mereka di ukur dan diberikan evaluasi berdasarkan beberapa perkembangan antara lain yakni :
PERKEMBANGAN NILAI MORAL DAN AGAMA
Perkembangan Nilai Moral dan Agama untuk Anak Usia Dini - Pendidikan nilai-nilai moral dan keagamaan pada program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pondasi yang kokoh dan sangat penting keberadaannya, dan jika hal itu telah tertanam dengan pada usia sejak dini, hal tersebut merupakan awal yang baik bagi pendidikan anak bangsa untuk menjalani pendidikan selanjutnya (sumber : medanberbaginih.blogspot.com)
PERKEMBANGAN MOTORIK
Perkembangan fisik/motorik diartikan sebagai perkembangan dari unsur kematangan dan pengendalian gerak badan. Keterampilan motorik bergairah diawali dengan bermain yang merupakan gerakan berangasan. Sementara keterampilan motorik halus baru mulai berkembang, yang diawali dengan kegiatan yang amat sederhana ibarat memegang pensil, memegang sendok, dan mengaduk.
PERKEMBANGAN KOGNITIF
Pengertian Kognitif Dapat dipahami sebagai kemampuan anak untuk berfikir lebih kompleks melalui beberapa pendekatan : ( KLIK )
- Tingkah laris : perilaku yang berubah dalam merespon suatu pengalaman
- Psikometrik : mengukur perbedaan kuantitatif dalam hal kemampuan yang menyusun kecerdasan dengan menggunakan tes yang mengindikasikan atau memperkirakan bermacam-macam kemampuan individu
- Piaget : struktur pikran dalam beraktivitas dan beradaptasi dengan lingkungan
- Pengolahan : menganalisis proses yang meliputi hal mendapatkan dan menggunakan info atau berfokus ada persepsi , pembelajaran, memori dan pemecahan duduk perkara
- Neuronsains-kognitif : kekerabatan antara proses otak dengan kognitif dan mengukapkan identifikasi struktur otak mana yang terlibat dalam aspek-aspek spesifik dari kognitif
- Konteks sosial : aspek-aspek lingkungan terhadap proses berguru, khususnya tugas orang bau tanah dan pengasuh lainnya.
PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL
Perkembangan sosialisasi dan emosi pada anak merupakan kondisi emosi dan kemampuan anak merespon lingkungannya di usia sebelumnya. Para hebat juga sepakat bahwa perkembangan sosial-emosional anak bertujuan untuk mengetahui bagaimana dirinya, bagaimana cara berafiliasi dengan orang lain yaitu sahabat sebaya dan orang yang lebih tua darinya. Bertanggung jawab akan diri sendiri maupun orang lain dan berperilaku sesuai dengan pro sosial. (sumber : dosenpsikologi.com)
PERKEMBANGAN BAHASA
Perkembangan bahasa pada anak terjadi dari aktivitas mendengar, melihat, dan meniru orang dewasa disekitar mereka. Bahasa digunakan untuk mengajarkan anak tentang sesuatu. Menurut Vygotsky, anak belajar bahasa berasal dari orang dewasa kemudian diinternalisasikan sebagai alat berfikir dan alat kontrol. Perkembangan bahasa juga dinyatakan akan berkembang sesuai atau sejalan dengan perkembangan biologisnya. (sumber : dosenpsikologi.com)
PERKEMBANGAN SENI
Contoh Raport PAUD dan Laporan Semester.doc
Contoh Raport PAUD - Laporan Semester - Laporan Perkembangan Anak.doc
Contoh Raport Otomatis TPA 3-4 Tahun.xlsx
Contoh Raport Otomatis TK 4-5 Tahun.xlsx
Related
Contoh Aplikasi Raport PAUD Otomatis Umur 4-5 Tahun.xlsx
Contoh Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013.xlsm
Demikian yang bisa kami sampaikan tentang Contoh Laporan Pendidikan (RAPORT) Perkembangan Anak Usia Dini, terima kasih atas kunjungannya.