Inilah Rpp Matematika Kurikulum 2013 Kelas Iv (Empat) Sekolah Dasar Semester 2 Revisi Terbaru.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Matematika Kelas IV Semester 2 Revisi Baru : Hadir pada kesempatan yang sangat baik kali ini arnisfamnewedukasi.blogspot.com dengam membawa materi postingan kali ini wacana RPP Matematika Kelas IV (empat) Sekolah Dasar Semester 2 Revisi terbaru.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai kelengkapan dokumen bagi pendidik untuk mengimplementasikan pembelajaran kepada peserta didik nya di kelas. Oleh akibatnya wajib bagi tenaga pendidik membuatnya. RPP yang baik tentunya memenuhi standar baku sesuai dengan ketentuan yang berlaku.



BACA :   
PANDUAN MENYUSUN RPP KURIKULUM 2013 SD-SMP-SMA-SMK 
Dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran tentunya mengacu pada petunjuk teknsi teknis, sehingga dalam penyusunannya akan lebih terintegrasi dengan baik sesuai dengan pedoman dan tata cara penyusunan yang baku, maka kalian tentunya harus mempunyai trik dan kunci rahasianya.

Inilah trik dan kunci rahasaianya ?.. hehehe… trik dan kunci rahasianya adalah kalian mesti harus tau tentang Prinsip-prinsip menyusun RPPPedoman atau Panduan menyusun RPP, serta Petunjuk Teknis ihwal RPP, nahhhh.. itu ia kuncinya.

Ini ialah prinsip-prinsip dalam menyusun RPP:
  1. Perbedaan individual penerima didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, talenta, potensi, minat, motivasi mencar ilmu, kemampuan sosial, emosi, gaya berguru, kebutuhan khusus, kecepatan mencar ilmu, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
  2. Partisipasi aktif peserta didik.
  3. Berpusat pada akseptor didik untuk mendorong semangat berguru, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, pandangan baru, penemuan dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk menyebarkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
PANDUAN PENGEMBANGAN RPP 

Berikut admin sampaikan Panduan Pengembangan RPP, yaitu Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber berguru dalam satu keutuhan pengalaman berguru, simak contoh Pengembangan RPP di bawha ini :

No
Komponen RPP
Penjelasan
1
Identitas
Sekolah                  : (Diisi nama sekolah/satuan pendidikan)
Mata Pelajaran  : (Diisi nama mata pelajaran)
Kelas/Semester: (Diisi dengan jenjang kelas dan semester)
Materi Pokok   : (Diambil dari Kompetensi Dasar/KD)
Alokasi Waktu: sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban
mencar ilmu dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam
silabus dan KD yang harus dicapai.
2
Kompetensi
Inti/KI
a. KI dikutib dari Permendikbud 21 Tahun 2016
b. KI meliputi:  sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan,   dan   keterampilan
yang   berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran
atau jadwal dalam mencapai SKL.
c. Rumusan KI yang dikutib dari Permendikbud 21 Tahun 2016 sebagai berikut.
1)    Mata Pelajaran PABP dan PPKn, dituliskan sebagai berikut.
KI 1   :  Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya
KI 2   : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, hening), bertanggung jawab,
responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan
perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan
lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan daerah
internasional.
KI 3   : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat
teknis, spesifik, detil, dan kompleks menurut rasa ingin tahunya ihwal
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan peristiwa, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
dilema
KI 4    : Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara
efektif, kreatif, produktif, kritis, sanggup bangkit diatas kaki sendiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah konkret dan aneh terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta sanggup menggunakan metoda sesuai dengan
kaidah keilmuan.
2)    Mata Pelajaran selain PABP dan PPKn, dituliskan sebagai berikut.
Rumusan     Kompetensi     Sikap     Spiritual     yaitu     “Menghayati     dan
mengamalkan     anutan     agama     yang     dianutnya”.     Adapun     rumusan
Kompetensi Sikap Sosial adalah Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, tenang),
bertanggung  jawab,  responsif,  dan  pro-aktif  dalam  berinteraksi  secara
efektif   sesuai   dengan   perkembangan   anak   di   lingkungan,   keluarga,
sekolah,    masyarakat   dan   lingkungan   alam   sekitar,   bangsa,    negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
KI 3   : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat
teknis, spesifik, detil, dan kompleks menurut rasa ingin tahunya wacana
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab

No
Komponen RPP
Penjelasan


fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
problem
KI 4    : Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara
efektif, kreatif, produktif, kritis, sanggup bangun diatas kaki sendiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah konkret dan aneh terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta bisa memakai metoda sesuai dengan
kaidah keilmuan.
3
KD dan IPK
1)    KD dikutib dari Permendikbud No 24 Tahun 2016
2)    KD merupakan kemampuan minimal dan bahan pembelajaran minimal yang
harus dicapai penerima didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing
satuan pendidikan yang mengacu pada KI.
3)    IPK dikembangkan dari KD, merupakan kemampuan minimal  yang dapat
diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD pada KI 1 dan KI 2, dan
kemampuan yang sanggup diukur dan/atau diobservasi untuk disimpulkan
sebagai pemenuhan KD pada KI 3 dan KI 4.
4)    IPK disusun memakai kata kerja opresional yang dapat diukur/dilakukan
penilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.
5)    IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dan
dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedura, dan/atau
metakognitif
6)    IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan abstrak dan/atau ketrampilan
konkret
7)    Peserta didik boleh memiliki kemampuan di atas yang telah ditetapkan dalam
IPK dan sanggup dikembangkan dari LOTS menuju HOTS)
4
Tujuan
Pembelajaran
1)    dirumuskan berdasarkan KD, dengan memakai kata kerja operasional
yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan
keterampilan
2)    Dituangkan dalam bentuk deskripsi, memuat kompetensi yang hendak dicapai
oleh akseptor didik
3)    Memberikan citra proses pembelajaran
4)    Memberikan citra pencapaian hasil pembelajaran
5
Materi
Pembelajaran
1)    memuat fakta, konsep/prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam
bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian
kompetensi/IPK
2)    Ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai sesuia dengan cakupan bahan yang
termuat pada IPK atau KD pengetahuan
3)    Cakupan bahan sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan
4)    Mengakomodasi muatan lokal mampu berupa keunggulan lokal, kearifan lokal,
kekinian dll yang sesuai dengan cakupan materi pada KD pengetahuan
6
Metode
Pembelajaran
1)    Harus bisa mewujudkan suasana mencar ilmu dan proses pembelajaran biar
peserta didik mencapai KD yang diubahsuaikan dengan karakteristik penerima
didik dan KD yang akan dicapai
2)    Menerapkan pembelajaran aktif (peserta didik yang aktif) yang bermuara pada
pengembangan HOTS
3)    Menggambarkan sintaks/tahapan yang terperinci (apabila memakai model
pembelajaran tertentu).
4)    Sesuai dengan tujuan pembelajaran
5)    Menggambarkan proses pencapaian kompetensi
7
Media
Pembelajaran
1)    berupa alat bantu proses pembelajaran untuk mengatakan materi pelajaran
2)    Mendukung pencapaian kompetensi dan pembelajaran aktif dengan
pendekatan ilmiah
3)     Sesuai dengan karakterisitik penerima didik


No
Komponen RPP
Penjelasan


4)    Memanfaatan teknologi pembelajaran sesuai dengan konsep dan prinsip
tekno-pedagogis
8
Sumber Belajar
dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber mencar ilmu
lain yang relevan
9
Langkah-langkah
Pembelajaran
1)    Dintegrasi:
a)    4C (kemampuan berkomunikasi, kemampuan berinteraksi, kemampuan
berpikir/lebih luas dari HOTS):
§      CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK): PROSES KONSEPTUALISASI,
MENERAPKAN, MENGANALISIS,  DAN MENGEVALUASI MELALUI
PROSES BERPIKIR DEDUKTIF DAN INDUKTIF (sintesis dari Scriven
dan Paul, 1984;  Facione, dkk., 1995; Scheffer dan Rubenfield, 2000).
§      CREATIVITY (KREATIVITAS): KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN
SOLUSI, IDE,  KONSEP, TEORI, PROSEDUR, PRODUK. INOVASI
ADALAH BENTUK KREATIVITAS (sintesis antara Fullan, 2013 dan
OECD, 2014)
§      COLLABORATION (KERJASAMA): KEMAMPUAN KERJASAMA DALAM
KELOMPOK BAIK TATAP MUKA ATAU MELALUI KOMUNIKASI DUNIA
MAYA UNTUK MEMECAHKAN MASALAH, MENYELESAIKAN KONFLIK,
MEMBUAT KEPUTUSAN, DAN NEGOSIASI UNTUK MENCAPAI TUJUAN
TERTENTU (sintesis antara Lai, 2011 dan Dede, 2010)
§      COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI): KEMAMPUAN
MENGEMUKAKAN PIKIRANATAU PANDANGAN DAN HASIL LAIN
DALAM BENTUK LISAN, TULISAN, MENGGUNAKAN IT, DAN
KEMAMPUAN MENDENGAR, KEMAMPUAN MEMAHAMI PESAN (revisi
dari Fullan, 2013, Canada, 2014)
a)    HOTS (kemampuan berpikir)
b)    Literasi antara lain pengembangan budaya membaca dan menulis yang
dirancang untuk berbagi kegemaran membaca, pemahaman
bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam aneka macam bentuk goresan pena, dll
c)     Karakter
2)    Pembelajaran dirancang: interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang,
memotivasi pesertadidik untuk berpartisipasi aktif, serta memperlihatkan ruang
yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat,
minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik
3)    Dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup
a)    Kegiatan Pendahuluan:
§      menyiapkan akseptor didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti
proses pembelajaran;
§      memberi motivasi mencar ilmu penerima didik secara kontekstual sesuai
manfaat dan aplikasi bahan asuh dalam kehidupan sehari-hari, dengan
menawarkan pola dan perbandingan lokal, nasional dan
internasional, serta diubahsuaikan dengan karakteristik dan jenjang
akseptor didik;
§      mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan
sebelumnya dengan bahan yang akan dipelajari;
§      menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan
dicapai; dan
§      mengatakan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai
silabus.
b)    Kegiatan Inti:
§      menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber berguru yang diubahsuaikan dengan
karakteristik peserta didik dan mata pelajaran.
§      Menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan lain yang relevan


No
Komponen RPP
Penjelasan


dengan karakteristik materi dan mata pelajaran.
§      Mengembangkan sikap melalui proses afeksi mulai dari mendapatkan,
menjalankan, menghargai, menghayati, hingga mengamalkan (seluruh
acara pembelajaran berorientasi pada tahapan kompetensi yang
mendorong akseptor didik untuk melakukan kegiatan tersebut)
§      Mengembangkan pengetahuan melalui kegiatan mengetahui,
memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, hingga
mencipta.
§      Mengembangkan keterampilan melalui kegiatan mengamati, menanya,
mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta.
§      Seluruh isi materi mata pelajaran yang diturunkan dari keterampilan
harus mendorong peserta didik untuk melaksanakan proses pengamatan
hingga penciptaan.
c)     Kegiatan Penutup
guru bersama penerima didik baik secara individual maupun kelompok
melakukan refleksi untuk mengevaluasi hal-hal berikut.
§      seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang
diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat
eksklusif maupun tidak pribadi dari hasil pembelajaran yang telah
berlangsung;
§      memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
§      melaksanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk derma tugas, baik
tugas individual maupun kelompok; dan
§      menginformasikan planning kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
10
Penilaian Hasil
Belajar
1)    Sesuai dengan kompetensi (IPK dan atau KD)
2)    Sesuai dengan kegiatan yang dilakukan dalam pembelajaran
3)    Sesuai materi pembelajaran
4)    Memuat soal HOTS dan soal-soal keterampilan khusus mata pelajaran
(contohnya Agama, Seni Budaya, Bahasa, dll)
5)    Memuat:
a)    Lingkup penilaian: sikap, pengetahuan, keterampilan
b)     Teknik penilaian
§    Sikap: observasi, jurnal, penilaian diri, penilaian antar teman
§    Pengetahuan: tes tulis, tes mulut, penugasan
§    Keterampilan: praktik, proyek, portofolio
c)     Bentuk instrumen
§    Lembar observasi, lembar penilaian diri, lembar penilaian antar teman
§    Soal pilihan ganda, soal esai, isian singkat, dll (berbagi soal
HOTS/tingkat berpikir tinggi dari suatu kemampuan kognitif)
§    Rubrik praktik/unjuk kerja, rubric proyek, rubrik portofolio
11
Lampiran
Hal-hal yang mendukung, misalnya
a)    uraian bahan yang memang dibutuhkan
b)    instrumen penilaian dilengkapi dengan pedoman penskoran, dll





































Sumber partner : woyoedukasi.blogspot.co.id


PEDOMAN /PANDUAN PENYUSUNAN RPP  [ DOWNLOAD 
PETUNJUK TEKNIS PENYUSUNAN RPP    ( DOWNOAD )
Bagi bapak/ibu pendidik yang mengampu kelas IV Sekolah Dasar apabila menginginkan conoh-contoh RPP Matematika Kurikulum 2013 revisi terbaru dapat mengunduh gratis pada tautan yang sudah kami persiapkan berikut ini :


CONTOH-CONTOH RPP MATEMATIKA KELAS 4 SEMESTER 2 KURIKULUM 2013 REVISI 2017  Sbb :

1.1 RPP Mate St Data dan Diagram.doc

1.2 RPP Mate St Membuat Data dan Diagram.doc 
1.3 RPP Mate St Mengumpulkan Data.doc 
1.5 RPP Mate St Ujian.doc 

Related


2.1 RPP Mate St Faktor angka 1-10.doc 

2.7 RPP Mate St Ujian.doc 

3.1 RPP Mate St Bilangan Prima.doc 

3.2 RPP Mate St Faktor Prima dan Faktorisasi Prima.doc 
3.3 RPP Mate St Ujian.doc

4.1 RPP Mate St FPB.doc 

4.2 RPP Mate St FPB 2 Bilangan.doc
4.3 RPP Mate St KPK.doc 
4.4 RPP Mate St KPK 2 Bilangan.doc
4.5 RPP Mate St Implementasi (FPB).doc 
4.6 RPP Mate St Implementasi (KPK).doc 
4.7 RPP Mate St FPB 3 Bilangan.doc 

5.8 RPP Mate St Ujian.doc 

6.1 RPP Mate St Pecahan Biasa.doc

6.2 RPP Mate St Pecahan Campuran.doc
6.3 RPP Mate St Desimal.doc 
6.5 RPP Matematika Sub Tema Mengubah Pecahan.doc
6.6 RPP Mate St Bereksplorasi Penj dan Pengurangan.doc
6.7 RPP Mate St Ujian.doc

Demikian semoga dapat bermanfaat.

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel