Model Silabus Pjok Sd/Mi Kurikulum 2013 Revisi 2017 Lengkap

PENDIDIKAN KITA.COM

Model Silabus PJOK SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 >>  Sahabat Pendidikan Kita yang berbahagia pada kesempatan ini admin Pendidikan Kita mengangkat materi posting seputar Silabus, tentunya bapak/ibu sebagai tenaga pendidik sudah mengerti apa itu Silabus ?  yukkk kita kita simak yang berikut ini :

Pengertian Silabus

Silabus yakni rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, evaluasi, alokasi waktu, dan sumber/materi/alat berguru. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.

Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan perihal kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan evaluasi hasil berguru. Silabus berisikan komponen pokok yang dapat menjawab pertanyaan berikut.:
  1. Kompetensi yang akan ditanamkan kepada akseptor didik melalui suatu kegiatan pembelajaran
  2. Kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan / membentuk kompetensi tersebut
  3. Upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik
Sahabat Pendidikan Kita yang berbahagia pada kesempatan ini admin Pendidikan Kita mengangk MODEL SILABUS  PJOK SD/MI KURIKULUM 2013 REVISI 2017 LENGKAP
MODEL SILABUS  PJOK SD/MI KURIKULUM 2013 REVISI 2017 LENGKAP


Demikian pengertian tentang Silabus, selanjutnya sesuai dengan pokok judul pada materi kali ini Model Silabus PJOK SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017, admin sampaikan ulasannya. 

Silabus ini merupakan pola bagi guru dalam melakukan pembelajaran agar siswa bisa mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, pikiran sehat, stabilitas emosional, tindakan susila, pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih sesuai dengan tujuan. 

Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan menunjukkan kesempatan kepada guru untuk mengembangkannya lagi sesuai kebutuhan dan mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran.Kegiatan pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang untuk mencapai kompetensi dasar yang diharapkan.Kegiatan pembelajaran yang termuat di dalam silabus ini merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan aneka macam kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan tingkat perkembangan siswa. 

Bagi sekolah yang tidak memiliki guru mata pelajaran PJOK, maka penyusunan perencanaan pembelajaran merujuk pada Silabus Tematik Terpadu SD/MI yang telah disusun terpisah dengan dokumen ini sebagai pola dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah. Namun demikian, bagi sekolah yang memiliki guru mata pelajaran PJOK maka dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dapat memakai silabus mata pelajaran PJOK sebagai penggagas wangsit dan memperkayanya di dalam menyusun RPP. 
A.   Kompetensiyang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
Setelah mengikuti pembelajaran PJOK, siswa memiliki sikap, pengetahuan, keterampilan fisik dan gerak, serta kebugaran jasmani yang dapat digunakan untuk aktivitas hidup keseharian, rekreasi, dan menyalurkan bakat dan minat berolahraga, hidup sehat dan aktif sepanjang hayat yang dilandasi oleh nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Esa, disiplin, menghargai perbedaan, kerja sama, sportif, tanggung jawab, dan jujur, serta kearifan lokal yang relevan.

 B.  Kompetensiyang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SD/Madrasah Ibtidaiyah
Pengembangan kompetensi mata pelajaran PJOK didasarkan pada perkembangan perilaku, pengetahuan, keterampilan siswa.Khusus untuk pengembangan kompetensi pada ranah fisik dan motorik, pengembangan kompetensi mata pelajaran PJOK didasarkan pada prinsip pertumbuhan dan perkembangan fisik dan gerak.
Kompetensi Yang Diharapkan
Kelas  I s.d III
Kelas  IV s.d VI
Kelas  VII s.d IX
Kelas  X s.d XII
Tercapainya kompetensi dalam penyempurnaan dan pemantapan pola gerak dasar, pengembangan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai permainan sederhana dan tradisional, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, aktivitas air, dan materi kesehatan
Tercapainya kompetensi pengembangan gerak dasar menuju kesiapan gerak spesifik, pengembangan kebugaran jasmani serta gaya hidup sehat melalui permainan bola besar, permainan bola kecil, atletik, beladiri, senam, gerak berirama, aktivitas air, dan materi kesehatan
Tercapainya kompetensi pengembangan gerak spesifik dan pengembangan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui permainan bola besar, permainan bola kecil, atletik, beladiri, senam, gerak berirama, aktivitas air, dan materi kesehatan
Terkuasainya kompetensi pengembangan dan penerapan keterampilan gerak, pengembangan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui permainan bola besar, permainan bola kecil, atletik, beladiri, senam, gerak berirama, aktivitas air, dan materi kesehatan

c.  Kerangka Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SD/Madrasah Ibtidaiyah
Kerangka pengembangan kurikulum PJOK SD/MI Kelas I s.d VI mengikuti elemen pengorganisasi kompetensi dasar yaitu Kompetensi Inti (Kompetensi Inti pada kelas I sd VI).Kompetensi Inti dijadikan sebagai payung untuk menjabarkan kompetensi dasar mata pelajaran.
Kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran PJOK serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Pengembangan Kompetensi Dasar  (KD) mengacu pada Kompetensi Inti (KI) yang disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran PJOK dan psiko-pedagogi.
Ruang lingkup materi mata pelajaran PJOK untuk SD/MI terdiri atas:

1. Gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif
2. Aktivitas permainan bola besar dan bola kecil
3. Aktivitas atletik
4. Aktivitas beladiri
5. Aktivitas pengembangan kebugaran jasmani
6. Aktivitas senam
7. Aktivitas gerak berirama
8. Aktivitas air dan keselamatan diri
9. Kesehatan
Lebih jelas perihal Model Silabus PJOK SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 selengkapnya mampu di unduh pada tautan link unduhan berikut ini :
MODEL SILABUS PJOK SD/MI KURIKULUM 2013 REVISI 2017<<< DOWNLOAD >>>

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel