Perangkat Pembelajaran Smp/Mts Kurikulum 2013 Mapel Bahasa Inggris Kelas Vii - Lengkap
PERANGKAT PEMBELAJARAN K13 SMP/MTs. BAHASA INGGRIS KELAS 7 ( PPK,Literasi dan HOTs )
Perangkat Pembelajaran SMP/MTs. Kurikulum 2013 Mapel Bahasa Inggris Kelas VII (PPK, Literasi dan HOTs) : Berikut ini admin bagikan berupa Perangkat Pembelajaran untuk SMP/MTs. Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Inggris yang memuat tentang PPK, Literasi dan HOTs.
Perangkat Pembelajaran merupakan hal yang harus dipersiapkan oleh guru sebagai tenaga pendidik sebelum melaksanakan pembelajaran kepada peserta didiknya di kelas, perangkat pembelajaran dapat berupa : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, Program Semester (Prosem), Program Tahunan (Prota), Modul, Lembar Kerja siswa, dan lain sebagainya yang menunjang proses pembelajaran.
Perangkat Pembelajaran merupakan hal yang harus dipersiapkan oleh guru sebagai tenaga pendidik sebelum melaksanakan pembelajaran kepada peserta didiknya di kelas, perangkat pembelajaran dapat berupa : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, Program Semester (Prosem), Program Tahunan (Prota), Modul, Lembar Kerja siswa, dan lain sebagainya yang menunjang proses pembelajaran.
PERANGKAT PEMBELAJARAN Sekolah Menengah Pertama/MTs KURIKULUM 2013 MAPEL BAHASA INGGRIS KELAS VII - LENGKAP |
PENGERTIAN PERANGKAT PEMBELAJARAN :
Dalam KBBI (2007:17) yang dinamakan Perangkat ialah alat ataupun perlengkapan, sedangkan Pembelaharan yakni Proses atau cara menimbulkan orang berguru.
Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melaksanakan acara pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas.
Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 wacana Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan belahan dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran.
Kemudian dalam Lampiran Permendikbud nomor 22 Tahun 2016 ihwal Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan secara terperinci ihwal :
A. SILABUS :
Silabus Silabus merupakan pola penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap materi kajian mata pelajaran. Silabus paling sedikit memuat:
- Identitas mata pelajaran (khusus SMP/MTs/SMPLB/Paket B dan Sekolah Menengan Atas/MA/SMALB/Sekolah Menengah kejuruan/MAK/Paket C/ Paket C Kejuruan);
- Identitas sekolah meliputi nama satuan pendidikan dan kelas;
- Kompetensi inti, merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek perilaku, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran;
- kompetensi dasar, merupakan kemampuan spesifik yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran;
- tema (khusus Sekolah Dasar/MI/SDLB/Paket A);
- materi pokok, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi;
- pembelajaran, yaitu aktivitas yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang dibutuhkan;
- penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil mencar ilmu akseptor didik;
- alokasi waktu sesuai dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun; dan
- sumber berguru, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan.
- Silabus dikembangkan menurut Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun anutan tertentu. Silabus dipakai sebagai referensi dalam pengembangan planning pelaksanaan pembelajaran.
B. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ialah planning kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran akseptor didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis biar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta menunjukkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis penerima didik.
RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih. Komponen RPP terdiri atas:
- identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
- identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
- kelas/semester;
- materi pokok;
- alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban mencar ilmu dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
- tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang meliputi perilaku, pengetahuan, dan keterampilan;
- kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
- materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
- metode pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran biar akseptor didik mencapai KD yang diubahsuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
- media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk mengatakan materi pelajaran;
- sumber mencar ilmu, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber mencar ilmu lain yang relevan;
- langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
- evaluasi hasil pembelajaran.
Berikut ini kami sampaikan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama/MTs. Mata pelajaran BAHASA INGGRIS, dapat dipergunakan sebagai referensi bagi bapak dan ibu tenaga pendidik untuk menyusun Perangkat Pembelajaran berupa : SILABUS, RPP, PROSEM, PROTA, KD/KI, ANALISA SKL.
Perangkat Pembelajaran SMP/MTs. Kurikulum 2013 Mapel Bahasa Inggris Kelas VII (PPK, Literasi dan HOTs) ini kami berikan secara gratis kepada kalian, untuk mendapat file Perangkat pembelajaran silahkan kalian unduh dengan klik pada link download dibawah ini.
Perangkat Pembelajaran SMP/MTs. Kurikulum 2013 Mapel Bahasa Inggris Kelas VII (PPK, Literasi dan HOTs) ini kami berikan secara gratis kepada kalian, untuk mendapat file Perangkat pembelajaran silahkan kalian unduh dengan klik pada link download dibawah ini.
Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/MTs.Mapel Bahasa Inggris Kelas VII :