Perangkat Pembelajaran Smp/Mts Kurikulum 2013 Mapel Ipa Kelas Vii - Lengkap


PERANGKAT PEMBELAJARAN K13 SMP/MTs. IPA KELAS 7 ( PPK,Literasi dan HOTs )

Perangkat Pembelajaran SMP/MTs. Kurikulum 2013 Mapel IPA Kelas VII (PPK, Literasi dan HOTs) Berikut ini admin bagikan berupa Perangkat Pembelajaran untuk Sekolah Menengah Pertama/MTs. Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang memuat perihal PPK, Literasi dan HOTs.

Perangkat Pembelajaran merupakan hal yang harus dipersiapkan oleh guru sebagai tenaga pendidik sebelum melaksanakan pembelajaran kepada peserta didiknya di kelas, perangkat pembelajaran mampu berupa : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, Program Semester (Prosem), Program Tahunan (Prota), Modul, Lembar Kerja siswa, dan lain sebagainya yang menunjang proses pembelajaran.
Berikut ini admin bagikan berupa Perangkat Pembelajaran untuk SMP PERANGKAT PEMBELAJARAN SMP/MTs KURIKULUM 2013 MAPEL IPA KELAS VII - LENGKAP
PERANGKAT PEMBELAJARAN Sekolah Menengah Pertama/MTs KURIKULUM 2013 MAPEL IPA KELAS VII - LENGKAP

PENGERTIAN PERANGKAT PEMBELAJARAN :

Dalam KBBI (2007:17) yang dinamakan Perangkat yaitu alat ataupun perlengkapan, sedangkan Pembelaharan ialah Proses atau cara mengakibatkan orang berguru.

Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran yaitu alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan penerima didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas. 

Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 ihwal Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan penggalan dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber berguru, perangkat evaluasi, dan skenario pembelajaran.

Kemudian dalam Lampiran Permendikbud nomor 22 Tahun 2016 wacana Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan secara jelas tentang :

A. SILABUS  :

Silabus Silabus merupakan tumpuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran. Silabus paling sedikit memuat: 
  1. Identitas mata pelajaran (khusus Sekolah Menengah Pertama/MTs/SMPLB/Paket B dan Sekolah Menengan Atas/MA/SMALB/Sekolah Menengah kejuruan/MAK/Paket C/ Paket C Kejuruan);
  2. Identitas sekolah meliputi nama satuan pendidikan dan kelas; 
  3. Kompetensi inti, merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek perilaku, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran; 
  4. kompetensi dasar, merupakan kemampuan spesifik yang meliputi perilaku, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran; 
  5. tema (khusus SD/MI/SDLB/Paket A); 
  6. materi pokok, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi; 
  7. pembelajaran, yaitu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan akseptor didik untuk mencapai kompetensi yang dibutuhkan; 
  8. penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk memilih pencapaian hasil belajar akseptor didik; 
  9. alokasi waktu sesuai dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun; dan 
  10. sumber belajar, mampu berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber berguru lain yang relevan. 
  11. Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun anutan tertentu. Silabus dipakai sebagai teladan dalam pengembangan planning pelaksanaan pembelajaran.

B. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) :

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yakni planning acara pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran akseptor didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). 

Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis biar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi penerima didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan talenta, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis akseptor didik. 

RPP disusun menurut KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih. Komponen RPP terdiri atas: 

  1. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan; 
  2. identitas mata pelajaran atau tema/subtema; 
  3. kelas/semester; 
  4. materi pokok; 
  5. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai; 
  6. tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan memakai kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan; 
  7. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi; 
  8. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi; 
  9. metode pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran semoga akseptor didik mencapai KD yang diadaptasi dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai; 
  10. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan materi pelajaran; 
  11. sumber mencar ilmu, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber mencar ilmu lain yang relevan; 
  12. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan 
  13. evaluasi hasil pembelajaran.
Berikut ini kami sampaikan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 jenjang pendidikan SMP/MTs. Mata pelajaran IPA, dapat dipergunakan sebagai referensi bagi bapak dan ibu tenaga pendidik untuk menyusun Perangkat Pembelajaran berupa : SILABUS, RPP, PROSEM, PROTA, KD/KI, ANALISA SKL.

Perangkat Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama/MTs. Kurikulum 2013 Mapel IPA Kelas VII (PPK, Literasi dan HOTs) ini kami berikan secara gratis kepada kalian, untuk mendapatkan file Perangkat pembelajaran silahkan kalian unduh dengan klik pada link download dibawah ini.

Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 SMP/MTs.Mapel IPA Kelas VIII :

    Semoga Perangkat Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama/MTs Kurikulum 2013 Mapel IPA Kelas VII ini mampu bermanfaat dan dijadikan referensi dalam penyusunan Perangkat Pembelajaran bagi bapak dan ibu sekalian. Kemudian atas atensinya kami mengucapkan terima kasih.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel