Perangkat Pembelajaran Smp/Mts Kurikulum 2013 Mapel Ipa Kelas Vii - Lengkap

PERANGKAT PEMBELAJARAN K13 Sekolah Menengah Pertama/MTs. IPA KELAS 7 ( PPK,Literasi dan HOTs )

Perangkat Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama/MTs. Kurikulum 2013 Mapel IPA Kelas VII (PPK, Literasi dan HOTs) Berikut ini admin bagikan berupa Perangkat Pembelajaran untuk SMP/MTs. Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang memuat perihal PPK, Literasi dan HOTs.

Perangkat Pembelajaran merupakan hal yang harus dipersiapkan oleh guru sebagai tenaga pendidik sebelum melaksanakan pembelajaran kepada peserta didiknya di kelas, perangkat pembelajaran mampu berupa : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, Program Semester (Prosem), Program Tahunan (Prota), Modul, Lembar Kerja siswa, dan lain sebagainya yang menunjang proses pembelajaran.


Berikut ini admin bagikan berupa Perangkat Pembelajaran untuk SMP PERANGKAT PEMBELAJARAN SMP/MTs KURIKULUM 2013 MAPEL IPA KELAS VII - LENGKAP
PERANGKAT PEMBELAJARAN SMP/MTs KURIKULUM 2013 MAPEL IPA KELAS VII - LENGKAP

PENGERTIAN PERANGKAT PEMBELAJARAN :

Dalam KBBI (2007:17) yang dinamakan Perangkat yakni alat ataupun perlengkapan, sedangkan Pembelaharan adalah Proses atau cara menimbulkan orang belajar.

Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran yakni alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan penerima didik melaksanakan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas. 

Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber mencar ilmu, perangkat evaluasi, dan skenario pembelajaran.

Kemudian dalam Lampiran Permendikbud nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan secara jelas tentang :

A. SILABUS  :

Silabus Silabus merupakan rujukan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran. Silabus paling sedikit memuat: 
  1. Identitas mata pelajaran (khusus Sekolah Menengah Pertama/MTs/SMPLB/Paket B dan SMA/MA/SMALB/SMK/MAK/Paket C/ Paket C Kejuruan);
  2. Identitas sekolah meliputi nama satuan pendidikan dan kelas; 
  3. Kompetensi inti, merupakan ilustrasi secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran; 
  4. kompetensi dasar, merupakan kemampuan spesifik yang meliputi perilaku, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran; 
  5. tema (khusus SD/MI/SDLB/Paket A); 
  6. materi pokok, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi; 
  7. pembelajaran, yaitu acara yang dilakukan oleh pendidik dan penerima didik untuk mencapai kompetensi yang dibutuhkan; 
  8. penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar penerima didik; 
  9. alokasi waktu sesuai dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun; dan 
  10. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber mencar ilmu lain yang relevan. 
  11. Silabus dikembangkan menurut Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu. Silabus digunakan sebagai acuan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran.

B. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) :

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yakni rencana aktivitas pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan aktivitas pembelajaran penerima didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). 

Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis supaya pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi akseptor didik untuk berpartisipasi aktif, serta menunjukkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan talenta, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis akseptor didik. 

RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih. Komponen RPP terdiri atas: 

  1. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan; 
  2. identitas mata pelajaran atau tema/subtema; 
  3. kelas/semester; 
  4. materi pokok; 
  5. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban mencar ilmu dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai; 
  6. tujuan pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, dengan memakai kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup perilaku, pengetahuan, dan keterampilan; 
  7. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi; 
  8. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi; 
  9. metode pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana mencar ilmu dan proses pembelajaran supaya penerima didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik akseptor didik dan KD yang akan dicapai; 
  10. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran; 
  11. sumber berguru, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan; 
  12. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan epilog; dan 
  13. penilaian hasil pembelajaran.
Berikut ini kami sampaikan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama/MTs. Mata pelajaran IPA, dapat dipergunakan sebagai referensi bagi bapak dan ibu tenaga pendidik untuk menyusun Perangkat Pembelajaran berupa : SILABUS, RPP, PROSEM, PROTA, KD/KI, ANALISA SKL.

Perangkat Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama/MTs. Kurikulum 2013 Mapel IPA Kelas VII (PPK, Literasi dan HOTs) ini kami berikan secara gratis kepada kalian, untuk mendapatkan file Perangkat pembelajaran silahkan kalian unduh dengan klik pada link download dibawah ini.

      Semoga Perangkat Pembelajaran SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel IPA Kelas VII ini sanggup bermanfaat dan dijadikan referensi dalam penyusunan Perangkat Pembelajaran bagi bapak dan ibu sekalian. Kemudian atas atensinya kami mengucapkan terima kasih.

      Iklan Atas Artikel

      Iklan Tengah Artikel 1

      Iklan Tengah Artikel 2

      Iklan Bawah Artikel